PPPM

PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

POLITEKNIK KEUANGAN NEGARA STAN

 

 

Tentang

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 137/PMK.01/2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Keuangan Negara STAN, Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PPPM) merupakan salah satu bagian dalam struktur organisasi PKN STAN. PPPM merupakan unsur pelaksana akademik dan non akademik yang bertanggung jawab kepada direktur dan secara teknis pembinaan dilakukan oleh pembantu direktur bidang akademik. PPPM mempunyai tugas melaksanakan koordinasi pelaksanaan kegiatan penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan pengembangan keahlian serta berperan serta dalam pengembangan karya ilmiah di bidang keuangan negara.

 

Visi PPPM PKN STAN

Berdasarkan Peraturan Direktur Sekolah Tinggi Akuntansi Negara Nomor KEP-1/AK/2015 tentang Rencana Strategis Sekolah Tinggi Akuntansi Negara Tahun 2015 - 2019, Visi PKN STAN adalah:

Menjadi Politeknik terkemuka di Indonesia yang menghasilkan kader pengelola keuangan negara bereputasi internasional.

Berdasarkan visi dan misi PKN STAN diatas, Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PPPM) STAN menetapkan visi sebagai berikut:

“Menjadi lembaga terkemuka yang mengembangkan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas, inovatif, berkontribusi dan menjadi rujukan dalam pengelolaan keuangan negara”

 

Misi PPPM STAN

Untuk mewujudkan visi tersebut, ditetapkan misi sebagai berikut:

  1. Menyusun kebijakan dan melaksanakan kegiatan keunggulan dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
  2. Meningkatkan kemampuan dan kualitas sumber daya dosen, mahasiswa dan staf administrasi dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
  3. Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang relevan dengan program penjaminan mutu politeknik, roadmap penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
  4. Membina dan memupuk kerjasama dan kemitraan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan institusi/lembaga lain.

 

Tujuan

  1. Mengembangkan dan melaksanakan program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang menjamin peningkatan kapasitas dan mutu penyelenggaraan program pendidikan keuangan negara.
  2. Meningkatkan kemampuan SDM peneliti dan pengabdi serta sarana pendukungnya untuk meningkatkan kemampuan lembaga dalam menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Membangun kemampuan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi dasar dan ilmu pengetahuan terapan yang strategis untuk landasan pengembangan dalam rangka sumbangan penelitian pada proses pengelolaan keuangan negara dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
  4. Meningkatkan peran dan kontribusi lembaga dalam penyelenggaraan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk pemecahan masalah pengelolaan keuangan negara dalam mendukung pembangunan daerah dan nasional.
  5. Menciptakan jejaring kerjasama perguruan tinggi dan lembaga terkait di tingkat nasional dan internasional.

 

STRUKTUR ORGANISASI

 

 

Tugas Pokok dan Fungsi

 

Kepala PPPM

  1. Mengkoordinasikan kegiatan Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat;
  2. Mengkoordinasikan sumberdaya penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
  3. Membentuk Tim Penilai kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
  4. Menyusun Rencana Induk Pengembangan dan Rencana Kerja Tahunan;
  5. Menyusun Standar Mutu Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat;
  6. Menyusun panduan pelaksanaan dan kebijakan terkait dengan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
  7. Mempertanggungjawabkan kegiatan PPPM kepada Direktur dan Pembantu Direktur Bidang Akademik.

 Sekretaris

  1. Membantu mewakili Ketua LPPM bila Ketua berhalangan menjalankan tugasnya;
  2. Membantu Ketua dalam menjalankan Program Kerja PPPM;
  3. Melakukan evaluasi dan pengendalian kegiatan PPPM;
  4. Menyusun laporan tahunan kegiatan dan keuangan PPPM;
  5. Membina, membagi tugas, memberi petunjuk, mengarahkan dan menilai hasil kerja bawahan para fungsional umum;
  6. Menata dan mengkoordinaskan manajemen teknis administrasi PPPM;
  7. Menampung semua surat-surat masuk dan memberi paraf setiap surat keluar yg ditandatangni Ketua PPPM;
  8. Mendampingi Ketua PPPM dalam rapat-rapat.

Fungsional Umum

Mendukung kegiatan administratif pusat yang meliputi:

  1. Menyusun konsep rencana pengembangan dan rencana kegiatan,
  2. Mengelola dan menyusun pertanggungjawaban keuangan kegiatan,
  3. Membuat serta mengelola dokumen administrasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,
  4. Menyusun dan mengelola laporan kegiatan periodikal,
  5. Menyusun rekapitulasi data kegiatan,
  6. Membuat dan mengadministrasika surat menyurat,
  7. Pengelolaan data dan informasi melalui situs pknstan.ac.id.

 

 

Hubungi Kami

Hubungi kami melalui

  • Hotline: +6221 7361654-58 ext.264
  • Email: humas.baak @pknstan.ac.id

Terhubung Dengan Kami

Tetap terhubung dengan kami melalui akun resmi media sosial PKN STAN.

    

Lokasi Kampus