D-III PBB/Penilai

VISI

“Menjadi pusat keunggulan (centre of excellence) dan pencetak sumber daya manusia keuangan dan kekayaan negara di bidang penilaian dan pajak bumi dan bangunan di Indonesia yang amanah, profesional, berintegritas tinggi, serta bersikap kritis dan inovatif terhadap berbagai persoalan dan perkembangan IPTEK”.

MISI

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan untuk menghasilkan tenaga ahli di bidang penilaian dan pajak bumi dan bangunan yang profesional dan berwawasan global.
  2. Menjadi katalisator terciptanya aparatur pemerintah yang menjunjung tinggi good governance.
  3. Mengembangkan penelitian yang mendukung pendidikan dan pengembangan ilmu terapan bidang penilaian dan pajak bumi dan bangunan.
  4. Sebagai pusat rujukan pendidikan penilaian dan pajak bumi dan bangunan.
  5. Mendorong terbentuknya iklim akademik bagi sivitas akademika guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan.
  6. Melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di bidang penilaian dan pajak bumi dan bangunan.

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan di bidang penilaian, dan pajak bumi dan bangunan yang siap memasuki dunia profesi penilai pemerintah.
  2. Menghasilkan lulusan yang bermoral dan berintegritas tinggi.
  3. Menghasilkan penelitian yang unggul dan bermanfaat bagi pengembangan ilmu terapan bidang penilaian, dan pajak bumi dan bangunan.
  4. Menghasilkan penelitian yang dapat diimplementasikan untuk kepentingan masyarakat.
  5. Menjadi tempat rujukan pendidikan bidang penilaian dan pajak bumi dan bangunan.
  6. Menjadi tempat yang kondusif bagi insan akademis untuk melakukan inovasi.
  7. Menghasilkan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang dilandasi semangat kepedulian dan komitmen terhadap pencarian alternatif solusi untuk berbagai permasalahan dan kebutuhan masyarakat.

SASARAN

Sasaran program studi Diploma III PBB Penilai ditetapkan dalam rangka mencapai visi, misi, dan tujuan yang telah ditetapkan. Sasaran Prodi D-III Penilai/PBB PKN-STAN adalah sebagai berikut:

1. Meningkatnya kualitas lulusan.
Kualitas lulusan yang ingin dicapai tidak hanya sebatas hard competency yang meliputi pemenuhan standar kompetensi teknis dan peningkatan rata-rata IPK lulusan, namun juga soft competency berupa pembekalan etika profesi, penanaman sikap anti korupsi, serta pengembangan kepribadian agar menjadi abdi negara yang dapat memberikan pelayanan prima kepada stakeholder.

2. Meningkatnya kuantitas dan kualitas penelitian pendidik.
Tenaga pendidik didorong untuk meningkatkan kuantitas serta kualitas penelitian bidang penilaian dan pajak bumi dan bangunan dengan mempublikasikan penelitian yang dilakukan dalam jurnal nasional maupun internasional.

3. Meningkatnya hasil penelitian yang dapat diterapkan/diaplikasikan dalam pemerintahan/masyarakat.
Tenaga pendidik didorong untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian terapan (vokasi) yang hasilnya dapat digunakan/diterapkan sebagai masukan pemerintah maupun masyarakat.

4. Terwujudnya tata kelola program studi yang baik.
Tercapainya predikat A dalam akreditasi BAN-PT merupakan tolok ukur bahwa tata kelola yang baik dan bermutu telah dilaksanakan di Prodi D-III Penilai/PBB PKN-STAN. Pengelola program studi didorong untuk memaksimalkan teknologi informasi untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan akuntabilitas tata kelola program studi.

5. Meningkatnya sarana dan prasarana pendukung.
Setiap kegiatan dalam penyelenggaraan pendidikan pada Prodi D-III Penilai/PBB PKN-STAN membutuhkan sarana dan prasarana pendukung agar proses pembelajaran dapat berlangsung secara kondusif. Peningkatan sarana dan prasarana pendukung seperti buku, literatur, perpustakaan, laboratorium, dan sebagainya mempengaruhi kualitas dan kuantitas pelayanan yang disediakan oleh program studi kepada para mahasiswa.

6. Meningkatnya kuantitas dan kualitas pengabdian masyarakat.
Pengabdian masyarakat dilaksanakan oleh tenaga pendidik beserta mahasiswa dengan perspektif pencarian alternatif solusi untuk menyelesaikan berbagai permasalahan dan kebutuhan masyarakat.

STRATEGI

Strategi pencapaian Prodi D-III Penilai/PBB PKN-STAN disusun berdasarkan analisis, kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman (SWOT). Strategi yang di tempuh untuk setiap sasaran adalah sebagai berikut:   

1. Meningkatkan kualitas lulusan

Strategi yang ditempuh:

  1. Melaksanakan orientasi mahasiswa baru agar mahasiswa memahami nilai-nilai yang berlaku dan beradaptasi dengan lingkungan di PKN STAN.
  2. Kegiatan perkuliahan dengan susunan kurikulum yang disesuaikan untuk mendukung peningkatan hard competency dan soft competency sesuai dengan standar kompetensi unit pengguna dan profesi. Hard competency dikembangkan dengan mata kuliah yang terkait dengan penilaian dan pajak bumi dan bangunan, sedangkan soft competency dikembangkan dengan mata kuliah agama, etika profesi, dan kapita selekta pengembangan kepribadian.
  3. Menerapkan penjaminan mutu dalam proses belajar mengajar (PBM)
  4. Memberikan pelayanan prima terhadap semua kegiatan penyelenggaraan pendidikan di Politeknik Keuangan Negara STAN, sekaligus memberikan fasilitas yang baik mahasiswa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran.
  5. Menyelenggarakan seminar maupun workshop yang terkait dengan isu-isu terkini di bidang penilaian dan pajak bumi dan bangunan.
  6. Melakukan evaluasi terhadap proses penyelenggaraan pendidikan, termasuk sarana dan prasarana yang disediakan, serta kualitas tenaga pendidik. Evaluasi diberikan kepada seluruh mahasiswa pada setiap akhir semester.
  7. Peninjauan dan/atau pengembangan terhadap kurikulum dilakukan pada setiap tahun akademik agar kurikulum tersebut dapat mengikuti perubahan kebutuhan yang terjadi pada unit pengguna.
  8. Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) dan studi lapangan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk dapat langsung mengetahui praktik-praktik dari teori mata kuliah yang telah dipelajari sebelumnya. Kegiatan tersebut juga memberikan kepada mahasiswa untuk mengetahui perkembangan yang terjadi pada bidang penilaian dan pajak bumi dan bangunan secara langsung.
  9. PKN-STAN memberikan bantuan pendanaan terhadap kegiatan mahasiswa baik yang berkaitan dengan akademik maupun non-akademik. Kegiatan kemahasiswaan tersebut juga merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan soft-competency mahasiswa.
  10. Penegakan disiplin dalam proses pembelajaran baik secara akademik maupun non-akademik, termasuk aturan penampilan sebagai calon PNS.
  11. Menerapkan kehidupan bertoleransi terhadap kebudayaan yang berbeda-beda dari seluruh Indonesia baik melalui interaksi di dalam maupun di luar kelas. Hal ini bertujuan agar mahasiswa terbiasa dengan kehidupan multiculture setelah bekerja nanti.
  12. Memfasilitasi mahasiswa untuk berkompetisi baik yang berkaitan dengan akademik maupun non akademik.
  13. Menerapkan nilai-nilai Kementerian Keuangan sebagai calon-calon PNS.

2. Meningkatnya kuantitas dan kualitas penelitian tenaga pendidik yang dicerminkan dari jumlah penelitian tenaga pendidik dan publikasi ilmiah.

Strategi yang ditempuh:

  1. Menetapkan anggaran tahunan untuk dana penelitian bagi tenaga pendidik.
  2. Memberikan kesempatan kepada tenaga pendidik untuk dapat melakukan penelitian yang difasilitasi oleh pihak luar.
  3. Meingkatkan jumlah dan mutu kerjasama nasional dan internasional untuk memperluas kesempatan melakukan riset dan menempuh pendidikan lanjutan.
  4. Memberikan kesempatan kepada tenaga pendidik untuk meningkatkan kemampuan metodologi penelitian secara berkelanjutan melalui seminar/workshop/diklat/shortcourse.
  5. Mengadakan pertemuan ilmiah seperti workshop, seminar nasional dan internasional, serta symposium untuk memfasilitasi tenaga pendidik dan mahasiswa.
  6. Memberikan fasilitas kepada tenaga pendidik untuk dapat mempublikasikan penelitian yang dilakukan melalui jurnal program studi maupun jurnal nasional dan internasional.
  7. Meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam penelitian.
  8. Meningkatkan dana penelitian.

3. Meningkatnya hasil penelitian yang dapat diterapkan/diaplikasikan dalam pemerintahan/masyarakat.

Strategi yang ditempuh:

  1. Meningkatkan kerjasama dengan instansi pemerintah untuk menampung berbagai permasalahan di unit teknis yang memerlukan masukan berupa kajian akademis dari sivitas akademika PKN STAN.
  2. Menjalin kerjasama joint-research dengan instansi pemerintah.
  3. Aktif mengirimkan hasil publikasi penelitian ke instansi pemerintah.
  4. Mengadakan pertemuan ilmiah seperti workshop, seminar nasional dan internasional, serta symposium bekerjasama dengan instansi pemerintah untuk membahas current issue.

4. Terwujudnya tata kelola program studi yang baik.

Strategi yang ditempuh:

  1. Penyusunan Rencana Kerja Tahunan (RKT) dan Rencana Anggaran Belanja untuk tiap program studi per tahun disertai dengan indikator pencapaian, serta TOR yang menyertai setiap kegiatan.
  2. Melaksanakan kegiatan yang telah dituangkan dalam RKT sesuai dengan Standar Operating Procedure yang telah ditetapkan.
  3. Melaksanakan monitoring atau pengawasan terhadap kegiatan yang dilaksanakan.
  4. Mendokumentasikan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan sebagai acuan kegiatan selanjutnya.
  5. Meningkatkan budaya tata kelola menuju good governance dengan memaksimalkan teknologi informasi dalam pengelolaan program studi.
  6. Melaksanakan evaluasi terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan guna melakukan perbaikan pada kegiatan mendatang.
  7. Memperluas kesempatan belajar bagi pengelola dan staf akademik/administratif.

5. Meningkatnya sarana dan prasarana pendukung

Strategi yang ditempuh:

  1. Meningkatkan kualitas, kuantitas, dan keragaman fasilitas dan infrastruktur proses belajar mengajar.
  2. Peninjauan dan/atau peningkatan kualitas fasilitas ruang kelas dan laboratorium yang dilaksanakan setiap tahun agar proses pembelajaran berlangsung dengan baik.
  3. Melakukan pemeliharaan dan perawatan terhadap sarana dan prasarana yang dilakukan secara rutin.
  4. Meningkatkan dana penyediaan infrastruktur proses belajar mengajar beserta dana pemeliharaannya.
  5. Melaksanakan identifikasi kebutuhan sarana/prasarana proses belajar mengajar secara berkelanjutan.
  6. Menjalin komunikasi yang baik dengan unit pengguna agar dapat mengetahui secara tepat kebutuhan unit pengguna.

6. Meningkatnya kuantitas dan kualitas pengabdian masyarakat.

Strategi yang ditempuh

  1. Mengkoordinasi pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat bersama seluruh tenaga pendidik.
  2. Aktif menjalin kemitraan dengan masyarakat untuk menangkap peluang dan evaluasi kegiatan pengabdian masyarakat.
  3. Memberikan kesempatan kepada tenaga pendidik untuk bekerja sama dengan lembaga lain sebagai penyandang dana bagi kegiatan pengabdian masyarakat.
  4. Meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam pengabdian masyarakat.
  5. Meningkatkan alokasi dana pengadbian masyarakat.
  6. Mempublikasikan kegiatan pengabdian masyarkat yang telah dilaksanakan melalui situs PKN STAN.

DAFTAR DOSEN

1. Eri Wahyudi
2. Heni Sulastri
3. I Gede Agus Ariutama
4. Riko Riandoko
5. Roby Syaiful Ubed
6. Suhut Tumpal Sinaga

JADWAL KEGIATAN

1. Jadwal Ujian Tengah Semester Genap TA 2015/2016: 17 s.d 29 Mei 2016
2. Jadwal Visitasi Akreditasi Prodi D3 PBB Penilai: 24 s.d 26 Mei 2016.

Hubungi Kami

Hubungi kami melalui

  • Hotline: +6221 7361654-58 ext.264
  • Email: humas.baak @pknstan.ac.id

Terhubung Dengan Kami

Tetap terhubung dengan kami melalui akun resmi media sosial PKN STAN.

    

Lokasi Kampus